ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Sunday, December 31, 2006

Best Books for Year 2006 – My Version

Menutup posting di tahun 2006, gue bikin list buku apa aja sih yang meninggalkan sedikit jejak di otak dan hati gue. Entah, karena ceritanya yang emang bagus, tokohnya yang ‘mengena’ di gue, atau karena ada sesuatu dari buku itu yang bikin gue ‘berpikir’.

Ini nih daftarnya:

1. The Secret Life of Bees (Sue Monk Kidd)
Cerita tentang Lily, gadis berkulit putih yang menelusuri jejak masa lalu sang ibu yang sudah meninggal. Dia sayang banget sama pengasuhnya yang berkulit hitam, sementara di sekitarnya masih memandang perbedaan ras.

2. The Kite Runner (Kholeid Hosseini) - ma’ap kalo salah nulis.. lupa soalnya.
Kata orang, buku ini bagus banget dan bikin air mata bercucuran. Emang bagus dan touchy, tentang persahabatan yang diiringi beribu penyesalan. Gak bikin gue sampe nangis Bombay, tapi… tetap, satu kalimat yang melekat, sederhana tapi menyentuh. “Untukmu keseribu kalinya…” Huaaaa…

3. Snow Flower (Lisa See)
Lagi tentang persahabatan yang gak happy ending. Tapi, di buku ini bertaburan kalimat indah, yang ditulis Lily dan Bunga Salju di lipatan kipas.

4. Embroideries – Bordir (Marjane Satrapi)
Novel grafis pertama yang gue baca. Emang gambarnya gak menarik, gak kaya’ komik Jepang yang gambarnya kocak meskipun hitam putih, atau komik yang warna-warni, tapi, ceritanya lucu, “rumpian” khas ibu-ibu

5. Babyville (Jane Green)
Chicklit tentang 3 perempuan yang punya bayi dengan alasan yang berbeda. Bikin gue sadar, kalo punya anak itu, at least bikin rencananya aja, butuh tanggung jawab yang besar.

6. Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken (Jostein Gaarder)
Huaaa… pengen punya perpustakaan kaya’ Bibbi Bokken

7. Brokeback Mountain (Annie Proulx)
Jangan liat atau menilai cerita ini dari segi yang aneh, jangan liat dari “pelaku”nya, tapi liat how deep their love is… Sukses bikin gue hampir menangis… sedih banget… Tapi, jangan nonton filmnya, bikin il-feel.

8. Gods in Alabama (Joshilyn Jackson)
Ngajarin gue untuk berdamai dengan masa lalu, apalagi seandainya masa lalu itu banyak “cacat”, banyak kebohongan dan berbagai kesalahan.

9. 1st to Die – Perkara Pertama (James Patterson)
Buku James Patterson pertama yang gue baca. Dan sanggup untuk membuat gue dag-dig-dug sepanjang bacanya, bisa bikin gue penasaran abis, dan bikin gue jadi penggemar buku-buku beliau ini.

10. By The River of Piedra, I Sat down and Wept – Di Tepi Sungai Piedra, Aku Duduk dan Menangis (Paulo Coelho)
Buku pertama Paulo Coelhoe yang sanggup gue baca sampai habis, dan lumayan bisa gue mengerti. Cerita ini gue baca ketika gue sedang dalam masa-masa gundah dalam hubungan percintaan gue, dan, gue cukup mendapat ‘pencerahan’ setelah baca buku ini. Cinta butuh pengorbanan dan banyak pilihan, tapi ketika keputusan sudah diambil, semua itu ada hikmahnya…

Labels:

1 Comments:

  • At 9:34 PM, Blogger matthrixx said…

    sy belum rampung baca yg nomer 6 mbak..
    konsep novelnya bagus tuh, pake buku-surat.. :D

     

Post a Comment

<< Home