ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Saturday, May 20, 2006

[Movie Review] The Da Vinci Code

Seperti yang udah diduga, antrian di depan loket lumayan panjang dan sebagian besar mau nonton The Da Vinci Code. Maunya sih nonton yang jam 2, tapi ternyata kursi tinggal dua baris di depan. Huh, pengalaman nonton UnguViolet, gak lagi deh nonton di baris-baris depan. Akhirnya, kita nonton yang jam 4.

Ceritanya sebagian besar sama seperti di buku. Mungkin akan lebih enak lagi kalo udah pernah baca The Da Vinci Code yang edisi illustrated. Adegan dibuka dengan Sauniere yang dikejar sama Silas dan akhirnya ditembak, diselang-selingi sama Robert Langdon yang lagi ngasih presentasi.

Kalo di buku, diceritain Robert Langdon dijemput polisi di tengah malam pas dia lagi tidur dan abis presentasi, di film diceritain Robert Langdon dijemput waktu dia lagi ngasih tanda tangan di buku barunya.

Bagian lain yang beda, waktu Sophie dan Robert di London mau nyari makan Sir Isaac Newoton. Kalo di buku, Sophie dan Robert nyari data di komputer perpustakaan, di film, dalam perjalanan nyari perpustakaan, Sophie ngedeketin seorang mahasiswa di bis, dan akhirnya minjem handphone-nya untuk nyari data di internet.

Visual yang keren waktu Sophie dan Robert dateng ke gereja tempat makam Isaac Newton, ada siluet-siluet orang-orang waktu prosesi pemakaman Isaac Newton.

Bagian yang bikin ngilu, waktu liat Silas, yang albino, nyakitin dirinya sendiri dengan make silica belt dan mencambuk badannya sendiri. Tampangnya Silas bener-bener dingin meskipun dia harus nahan sakit.

Filmnya lumayan keren, Audrey Tautou yang jadi Sophie Nevue emang cantik, dan beda banget dengan gadis lugu di Amelie, tapi, koq menurut gue rada kurang pas ngeliat Tom Hanks jadi Robert Langdon…

Ada beberapa dialog yang gak diterjemahin, katanya sih, untuk menghindari kontroversi…

Kalo komentar iseng di akhir cerita, “Ooo.. jadi inti film sebenarnya itu nyari makam Maria Magdalena….” Yang ternyata tempatnya yaa… di situ-situ juga… udah jauh-jauh pake lari-lari ke London… Semua berawal dan berakhir di tempat yang sama.