ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Tuesday, April 18, 2006

[Book Review] UTUKKI: Sayap Para Dewa


UTUKKI: Sayap Para Dewa
Clara Ng
GPU, February 2006
408 Hal.

Kisah cinta dalam novel ini bisa dibilang unik, karena ‘melibatkan’ para Dewa-Dewi dari zaman Mesopotamia sekitar 7000 tahun sebelum Masehi, sampai dua anak muda di Jakarta tahun 2000 setelah Masehi.

Alkisah, Dewa Anu dan Dewi Antu mempunyai anak-anak yang disebut Utukki. 7 Utukki berjenis kelamin laki-laki dan berwajah sangat menyeramkan sehingga disebut monster. Tapi, Utukki ke 8, berjenis kelamin perempuan dan sangat cantik, dan diberi nama Nannia.

Nannia bersahabat dengan seorang anak laki-laki, bernama Enka. Lama-lama, mereka saling jatuh cinta. Tapi, hubungan mereka tentu saja tidak diperbolehkan oleh para Dewa-Dewi di Dunia Atas-Langit.

Konflik tidak berhenti sampai di situ saja. Ternyata ada Dewi lain yang jatuh cinta dengan Enka, yaitu Dewi Ishtar, Dewi Cinta dan Perang. Ironis banget, Dewi yang bertugas menebar cinta dan kasih sayang, malah berusaha memisahkan orang yang saling menyayangi dan menebar kebencian karena cinta yang tidak kesampaian.

Dan dendam itu masih terus terbawa hingga tahun 2000 sesudah Masehi, ketika Thomas bertemu dengan Celia. Thomas yang pemalu secara tidak sengaja berkenalan dengan Celia. Tapi, tiba-tiba saja, Celia menghilang di depan matanya. Thomas yang punya ‘kelebihan’ bisa berbicara dengan Celia melalui batinnya.

Celia ternyata ‘diculik’ oleh Dewi Ishtar, dan dibawa ke Dunia Atas-Langit. Demi membalaskan dendamnya, Dewi Ishtar ingin memisahkan Celia dan Thomas. Tapi, kenapa harus Celia dan Thomas?

Untuk bertemu dengan Thomas kembali, Celia harus menunggu 10 tahun lagi, dan itu pun, masih ada bahaya yang akan menanti. Dibantu Dewa Ea, Dewa Kebijaksanaan, Celia berusaha melarikan diri dari Dunia Atas-Langit, dan kembali ke Bumi.

Cerita berkembang dengan tidak terduga. ‘Pertempuran’ antara manusia dan Dewa-Dewi mewarnai novel ini. Banyak kejutan yang membuat novel ini jadi menarik.

Komentar akhir: Seru dan unik! Hmmm… ini buku Clara Ng kedua yang jadi favoritku setelah The (Un)Reality Show.

2 Comments:

  • At 7:56 PM, Anonymous Anonymous said…

    Wah Clara Ng bikin novel baru lagi ya? Beli ah...
    Gw suka sekuel Indiana-nya tuh

     
  • At 2:03 AM, Blogger "emas indri" said…

    yaaa....gw semalem baru nyampe separo bacanya.....
    kok kmu udah cerita sih....hihi....jadi gak seru...

    ;p

     

Post a Comment

<< Home