ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Sunday, April 09, 2006

[Movie Review] The Terminal

Rasanya ini the best movie yang aku tonton weekend ini. Film ini ada lucunya, ada seriusnya, ada romantisnya, ada sedihnya, ada harunya. Wahhh… lengkap deh.

Tom Hanks, jadi Viktor Navorski, warga negara Krakozhia, sebuah negara di Eropa Timur. Dia datang ke Amerika, tujuannya ke New York untuk sebuah maksud tertentu. Tapi, dia dicekal pas pemeriksaan imigrasi. Alasannya, saat itu negara Krakozhia lagi ada kekacauan, ada perang saudara, dan negara itu bisa dianggap ‘tidak ada’, jadinya, Mr. Navorski gak bisa masuk Amerika.

Viktor terpaksa tinggal di airport, nunggu keputusan dari pihak imigrasi. Dia dikasih voucher makan gratis, kartu telepon gratis. Tapi, pas dia mau bantuin anak kecil nutup koper, voucher makannya berterbangan, dan keburu disapu sama petugas kebersihan yang galak, Gupta. Gupta ini imigran gelap asal India, yang suka iseng sengaja bikin lantai basah biar orang kepeleset.

Viktor terpaksa makan biscuit aja. Tiba-tiba dia liat, kalo orang ngembaliin trolley ke tempatnya, akan ada refund 25 sen. Langsung dia nyari trolley sebanyak-banyaknya, sampai akhirnya dia bisa beli Burger King lengkap dengan French fries.

Ketauan usahanya buat dapetin uang, akhirnya hanya petugas airport yang boleh ngambil trolley. Viktor nyari cara lain buat dapetin uang. Dia ngelamar kerjaan di toko-toko di airport, sampai akhirnya dia bisa jadi tukang bangunan.

O ya, sementara tinggal di airport, Viktor tidur di tempat tunggu penumpang yang udah gak kepake lagi. Di sana dia bikin tempat yang senyaman mungkin. Viktor juga akhirnya temenan sama Gupta, lalu ada Joe, dan Enrique yang sering ngasih dia makan.

Viktor juga jadi ngetop di airport itu. Dan bikin petinggi imigrasi di JFK jadi sebal.

Satu hari, Viktor ketemu sama Amelia (Catherine Zeta-Jones), pramugari cantik. Viktor jatuh cinta, tapi sayang, Amelia udah punya pacar. Meskipun Amelia sempat makan malem sama Viktor, dan sebenernya juga suka sama Viktor.

Viktor selalu bawa-bawa kaleng biscuit misterius, yang setiap ditanya apa isinya, dia bilang, “A promise” atau “Jazz”.

Demi memenuhi ‘janji’ itu, Viktor rela nunggu lama-lama, padahal dia pernah dikasih kesempatan untuk ‘keluar’ dari JFK, karena petugas imigrasi gak mau Viktor jadi beban. Tapi, Viktor bilang, “I wait”.

Viktor yang tadinya cuma bisa bahasa Bulgaria, jadi bisa bahasa Inggris dengan logat yang aneh.

Lucu ngeliat acting Tom Hanks, sedih kalo ngeliat tiap malem dia ‘pulang’ ke Gate 67 sendirian… nangis inget kampung halamannya yang lagi bergolak…

06.04.01