ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Thursday, March 23, 2006

[Book Review] Nar’Kobar: The Motivator


[Book Review] Nar’Kobar: The Motivator
Andhika Pramajaya
AKOER
Cet. I – Januari 2006
603 Hal.

Kalo bukan karena hadiah dari AKOER, mungkin buku ini akan masuk buku di urutan terakhir yang bakal aku beli. Bukan karena gak tertarik sama ceritanya, tapi lebih ke soal, pertama harganya yang lumayan, kedua karena covernya yang… hmm.. lucu sih.. but bikin aku gak nyaman karena aku gak suka yang horor-hororan..

Tapi, ternyata, isinya gak seseram judul atau covernya. Ceritanya tentang jin bernama Nar’Kobar, dia lagi dalam proses untuk ‘naik tingkat’, untuk itu dia harus bikin nipingan-nya, alias manusia yang bakal jadi bahan ‘godaan’nya, bisa tergoda dan melakukan hal-hal yang gak bener. Nah, ternyata susah banget bikin Lena ini tergoda, karena Lena termasuk ta’at berdoa, jadi dia selalu dilindungi aura untuk menjaga dia dari godaan yang gak bener. Ditambah lagi, ada cowok yang deketin Lena, namanya Ipung, yang punya kemampuan untuk melihat makhluk-makhluk halus dan punya ilmu untuk mengusir mereka.

Akhirnya, untuk mengacaukan semuanya, dicarilah jalan. Salah satunya, Nar’Kobar bekerja sama dengan Nar’Himaar, jin yang me-niniping Gugun, temen Ipung. Gugun dibuat untuk tertarik sama Lena dan ngebenci Ipung.

Untuk menggoda si Ipung, Nar’Kobar juga minta bantuan jin cantik, Putri Larasati, yang menjelma jadi Laura Berman, cewek indo yang tajir dan cantik banget.

Ada juga dukun ‘gadungan’ dan praktek ilmu hitam di dalam buku ini. Sebenernya sih, menarik juga idenya, tapi, entah kenapa, koq kadang ada bagian-bagian yang rada dipanjang-panjangin, misalnya waktu Ipung masuk ke ‘dunia lain’ dan keluar di Karang Cadas. Atau kesibukan ngurusin penampilan Putri Larasati waktu mau jadi jadi Laura Berman.

Katanya sih, novel ini dibikin karena banyak banget tayangan mistis di tv. Jadilah ada beberapa bagian di buku ini yang merupakan plesetan dari acara Dunia Lain, diganti jadi ‘Tabir Dimensi Live’. Sementara kalo di tv, pakar ‘perhantuan’ namanya Leo Lumanto, dibuku ini jadi Tio Sumanto.

Ide ceritanya sih ok, mencoba ‘menguak’ dunia per-jin-an, sampai ada ‘kuliah’ sejarahnya segala di Pamakdiman alias sekolahnya para jin. Lengkap banget deh. Makanya buku ini bisa jadi tuebel banget… tapi, satu lagi yang ‘mengganggu’ menurutku, gaya bahasa si Nar’Kobar and temen-temennya yang kadang sok gaul, pake bahasa Inggris segala, bikin kesan ‘magis’ atau ‘serem’-nya jadi ilang.

Bagian yang aku suka justru pas Aming, yang dikenal suka mabok, gonta-ganti cewek, pokoknya ‘rusak’ deh, jadi sadar kalo kelakukan dia selama ini salah, dan berubah jadi baeeekkk banget. Tokoh Aming rasanya lebih nyata dibanding Ipung yang ‘sakti’, ada bandel, ada ‘rusak’nya, tapi bisa juga sadar.

O ya, satu lagi yang bikin terharu, waktu ‘tugas’ Nar’Kobar niniping Lena selesai, dia berat banget ninggalin si Lena… Hahaha… jin bisa juga jadi melankolis ternyata…

Kalo ngeliat endingnya, emang bakalan sedikit membingungkan. Karena bakal bertanya-tanya, gimana nasibnya sama si Ipung, gimana kelanjutan hubungan Lena & Ipung, gimana urus-urusannya sama si Putri Larasati, and Nar’Kobar sendiri. Mungkin semua pertanyaan itu bakalan terjawab di sekuel Nar’Kobar, karena The Motivator ini sendiri adalah buku pertama dari Trilogi si Nar’Kobar.

06.03.20

(dengan sedikit koreksi dari 'the author himself')

3 Comments:

  • At 12:10 AM, Blogger "emas indri" said…

    pengeeeennn....
    mau dong dapet hadiah juga......
    gmn caranya sist???
    ^-^

     
  • At 11:46 PM, Blogger Unknown said…

    Memang Asyik banget ceritanya, sedikit lucu yach!!! ....

     
  • At 10:55 PM, Blogger Unknown said…

    sori py info gak, sekuelnya bisa di dapetin dimana krna mpe skarang cm py buku no 1 nya aja

     

Post a Comment

<< Home