ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Thursday, March 16, 2006

Sakit

Gak nyangka banget… awalnya, penyakit yang dikira ‘hanya’ flu dan pilek biasa, malah bikin aku jadi absen dari kantor selama dua minggu full.

Kronologis:

26.02.2006
Hidung mulai mampet sebelah. Minum Redoxon. Gak terlalu mempan.

27. 02.2006
Hidung mulai makin mampet. Kepala mulai pusing-pusing. Mulai bersin-bersin. Di’hantam’ sama Redoxon lagi. Masih gak mempan.

28.02.2006
Terpaksa masuk, harus bikin report. Makin parah. Pilek. Pusing berat. Ditambah mulai panas. Kata orang-orang, mukaku merah. Udah gitu, karena panas, jadi kedinginan, untung ada jaket. Pengen pulang, tapi mama baru bisa jemput siang. Yah… nanggung banget. Pengen tidur di mushola, tapi gak bisa. Abis makan siang, nyoba makan panadol, eh… gak lama, aku malah berasa gerah. Badan gak panas lagi, rada enakan. Jadi rada lebih seger. Tapi, masih berasa pusing. Malah pas pulang kantor, sempet makan pempek @bing dulu sama mama & papa. Tapi, pas sampe rumah, koq berasa kedinginan lagi. Gak pernah-pernah di rumah aku pake cardigan.

01.03.2006
Gak masuk kantor. Tidur. Kepala masih pusing. Tapi, gak berasa panas lagi. Sebel banget, soalnya Fayyaz nginep, tapi gak boleh deket-deket sama mama, ntar dia ketularan. Jadi, ya… Cuma nyium-nyium kakinya atau liat dari jauh. Malemnya, panas lagi. Malah ditambah batuk. Minum panadol lagi.

02.03.2006
Sok berasa udah sehat. Emang sih badan gak panas lagi. Tapi, masih pilek plus batuk. Dan herannya, koq pusingnya gak ilang-ilang. Tapi, sok mau ke kantor. Bangun pagi, berangkat ke kantor. Di jalan tidur aja. Mama tanya berapa kali mau ke kantor apa nggak, tapi tetap aku bilang mau ngantor. Tapi… sampai depan ratu plaza, badanku mulai panas lagi, mulai pusing berat… kata maya, mukaku merah lagi. Ya, udah… gak jadi ngantor.

Sampai rumah, masih berasa enakan. Minta bikinin indomie, biar keringetan makan yang panas-panas. Abis makan, telpon mitra keluarga, booking dokter. Terus tidur. Pas makan siang, koq pusing banget, gak sanggup turun ke bawah. Akhirnya, makanan dibawain ke atas. Udah gak napsu banget makan.

Tidur lagi. Sorenya ke dokter. Hehehe.. kata mira, gayaku udah jelek banget. Rambut acak-acakan. Pake cardigan jelek. Muka merah. Di dokter, aku udah pusing banget, dan kedinginan. Mana rada lama nunggu dokternya.

Kata dokter, ‘cuma’ infeksi pernapasan aja. Bercak-bercak merah di muka karena panas yang tinggi banget. Dikasih antibiotik, obat penurun panas, plus Benadryl buat batuk. Dikasih surat ijin sakit sampai hari senin. Kalo panasnya gak turun juga, disuruh periksa lab.

Kata mira, abis dari dokter, minum obat, biasanya kan langsung sembuh. Tapi, pas sampai rumah, duh, koq berasa makin gak karuan. Pusing banget… Makan malem di atas lagi.

Malem ini aku tidur sendirian. Bolak-balik kebangun karena batuk. Sempet keringetan. Tapi, malah jadi gak bisa tidur. Serba salah banget.

03.03.2006
Badan makin gak jelas. Batuk makin parah. Bercak-bercak merah di muka makin banyak. Aku udah ketakutan banget. Jangan-jangan aku kena lupus. Soalnya, pernah baca ciri-cirinya, panas tinggi dan ada bercak-bercak merah.

Mau makan, juga gak napsu. Panas mulai naik-turun. Pas maghrib, berasa badan panas banget, tapi koq mengigil. Pake selimut tebel tiga lapis. Tidur aja terus.

Malemnya, sempet panas sampe 38 derajat. Malem ini aku tidur sama mama. Mau tidur juga susah. Bolak-balik kebangun karena batuk. Tapi, kalo udah minum dikit, tenggorokan rada enakan, bisa tidur lagi. Sempet keringetan, bikin aku jadi gelisah karena kepanasan. Sempet kipas-kipas, padahal kamarnya pake AC. Serba salah banget.

04.03.2006
Pagi ini ke dokter lagi, tapi ganti dokter. Kepala makin pusing, badan makin gak karuan. Suhu badanku juga naik turun, sempet 37, naik lagi 38.

Di dokter, mama tanya, jangan-jangan campak, tapi dokternya masih ragu-ragu. Malah disuruh periksa darah untuk tipus sama demam berdarah. Pilek makin menjadi-jadi, ditambah batuk.

Duh…. pokoknya badan benar-benar gak enak. Udah sempet minta bawa ke rumah sakit. Kata mama nunggu hasil darah sorenya.

Makin siang, makin sore, suhu badanku masih naik turun, sempet sampai 39. Aku juga cuma tiduran aja.

Dapet hasil lab, kata mama, trombositku emang turun, tapi masih di atas normal.

Tapi, makin malem, badanku makin gak enak. Panasku stay di 39 derajat. Kira-kira jam 8an, koq kaki dan tanganku tiba-tiba semutan dan ngilu. Aku minta pijitin sama nek enab dan mama. Kalo gak dipijit, jadinya gemeteran. Aku minta bawa ke rumah sakit, ya, takut juga kan, koq jadi ngilu dan kesemutan. Papa dan maya juga mijitin terus. Mama nyuruh ayuk sama mas erik dateng.

Duh… padahal malem ini, harusnya aku lagi having fun di java jazz festival.

Bolak-balik, aku nanya kenapa ayuk sama mas erik blom dateng juga. Aku bilang, aku mau ke rumah sakit. Pas dateng, mas erik langsung nyari rumah sakit. Maunya ke Pondok Indah, tapi penuh. Ehhh… buntutnya dapet di Mitra Keluarga juga.

Di mobil, pengen banget minta mas erik ngebut, soalnya kakiku ngilu banget. Pengen cepet-cepet ditanganin sama dokter.

Sampe rumah sakit, aku harus masuk UGD dulu. Kata dokter jaganya, aku kena campak. Hmmm… nular dari mana, ya? Inget-inget… mungkin aku ketularan Fayyaz. Mungkin pas Fayyaz sakit, dan ada bintik-bintik merah di mukanya yang katanya keringet buntet itu sebenernya campak…

Langsung diinfus, katanya buat ngilangin ngilu dan kesemutan.

Aku minta kamar yang kelas 1 aja, tapi, ternyata aku harus ‘diisolasi’, jadi aku harus sendirian, takut menular ke pasien lain. Dapetlah kamar nomer 715.

Rasanya, begitu di rumah sakit, aku jadi lebih lega. Karena aku tahu aku bakal dapat perawatan. Bagus juga dateng, bawa buah.

Terus, pada pulang… aku ditinggal sendirian. Ya… sempet serem juga. Kamar itu buat berdua… aku di ujung deket jendela. Serem juga karena ada tempat tidur kosong di sebelah.

Suster bolak-balik masuk sepanjang malam. Ada yang dateng periksa infus, ada yang nyuntikin obat. Malah, sempet ada yang nyuntik tanganku untuk tes alergi obat. Duh… sakit banget.

Aku sendiri sempet susah tidur. Pertama, aku emang susah kalo tidur di tempat baru, kedua, batukku yang makin menjadi-jadi dan mengganggu, tenggorokanku sampai sakit setiap batuk, ketiga, aku sempat gelisah karena kepanasan, bajuku sempat basah karena keringat.

Untungnya, ya sempat tidur-tidur sedikit, bolak-balik ke kamar mandi sendiri, sambil megang infus.

05.03.2006
Jam 5 pagi, aku udah kebangun. Nungguin, kali-kali, suster masuk mau ngelap badanku. Pusingku udah ilang, tapi batuk yang masih tetap parah. Temperatur juga mulai pelan-pelan turun, meskipun masih berkisar 37-38, masik naik turun, tapi gak sampai 39.

Jam 6an, dikasih minum teh. Terus, gak lama dianterin sarapan bubur ayam. Sebenernya sih, rasanya enak, cuma karena tenggorokanku kering dan sakit kalo nelen, jadi males makannya. Dikasih daftar buat milih menu makan besok. Ah… koq gak selera…

Jam ½ 7, ada suster dateng, dia bilang, dia mau kasih obat penurun panas, tapi obatnya dimasukin dari ehmm.. lobang anus! Waduh… aku disuruh tahan napas, dan sakittt! Kata suster, aku berasa mules, disuruh tahan. Karena gak boleh, ke kamar mandi dalam waktu 30 menit. Ya… pasrah aja….

Jam 8an, mama & papa dateng. Senengnya karena ada yang nemenin. Kata mama, suster bilang aku emang gak dimandiin karena masih panas badannya, takut nanti aku kedinginan.

Dokter dateng, katanya besok aku harus usg dan periksa darah. Di badanku mulai banyak bercak-bercak, untung gak gatel-gatel.

Abis itu, ya udah… nonton tv, tidur, makan siang… duh… nasi lembek, plus lauk-pauknya, ditambah pudding dan buah. Lauknya sih enak… tapi karena harus pake nasi lembek… jadi males.

Jam 3an, mama & papa pulang… yahhh… sendiri lagi. Nonton tv aja. Jam ½ 6, udah dianterin makan malem. Males banget… udah sendirian…. Udah gitu susah nelennya. Pas suster dateng, ngeliat makananku gak abis, aku bilang, susah nelennya, aku minta besok lauknya dicincang aja.

Nonton tv. Ada film ‘Timeline’. Aku udah baca bukunya, tapi, filmnya koq gak terlalu seseru bukunya.

Jam 9an, siap-siap tidur.

Malem ini, aku bolak-balik ke kamar mandi. Batuk masih ‘heboh’. Tidur malem ini lumayan. Meskipun kebangun beberapa kali karena batuk.

06.03.2006
Jam ½ 5 pagi, suster udah dateng, bangunin mau dilap badannya. Lumayan deh, jadi lebih segar. Tapi, heeeehhhh, gak bisa cuci rambut… rasanya udah lengket banget.

Terus, ada petugas lab yang ambil darah. Pasrah aja deh… katanya sih, mau periksa hepatitis, plus demam berdarahnya.

Sarapan hari ini roti bakar. Di rumah biasanya cuma satu tangkup, di sini dikasih dua tangkup.. Ya… gak abis, deh..

Jam 8an, Mama & Papa dateng. Kata mama, maya gak ngantor, pilek. Terus, dokter dateng lagi. Periksa sana, periksa sini. Bercak-bercak makin banyak.

Hehehe.. lumayan juga gak ngantor, jadi bisa nonton piala oscar.

Jam 9an, di usg, buat cek levernya. Tapi, ternyata lever-ku, alhamdulillah, baik-baik aja. Cuma emang, ‘fungsi’nya yang rada meningkat, gara-gara temperaturku yang naik turun itu.

Makan siang, kali ini udah dicincang. Meskipun gak habis nasi lembeknya, aku paksain makan lauknya. Ngiler liat mama yang makan Kentucky. Nyam…. Nyam…

Mama pulangnya malem, nunggu ayuk sama mas erik dateng. Ayuk hari ini ulang tahun. Ayuk bawa box tamani. Duh… aku cuma sanggup makan soup hat-nya aja. Chicken marryland-nya terpaksa dibawa pulang.

Jam 9, mama pulang… Yahhh… sendiri lagi….

Malem ini, tidur udah semakin nyenyak. Kebangun karena mau pipis, batuk sesekali and setiap suster masuk nyuntik obat and ganti infus.

07.03.2006
Sepertinya aku tidur nyenyak banget. Soalnya, aku baru kebangun jam 5. Dan suster yang mau nge-lap badan udah lewat dari jam 4 katanya.

Hari ini sarapan roti bakar lagi. Buat besok, pengen bubur ayam aja.

Diambil darah lagi. Ya… terserahlah.. tanganku udah biru-biru karena bolak-balik diambil darah.
Dokter dateng, pas aku tanya kapan pulang, katanya belom boleh, karena masih ada yang belom normal. Termperatur badanku masih naik turun. Meskipun sesekali udah normal, tapi semalem sempet sampe 38 lagi.

Pilek udah ilang, tapi, batuk yang masih rada sering.

Mama & papa dateng. Nonton tv aja.
Ada hasil periksa demam berdarah, trombositku udah mulai naik lagi.

Ngiler lagi ngeliat mama makan Kentucky. Duh.. kalo udah keluar dari rumah sakit nanti, sepertinya harus makan Kentucky… tapi, pengen Tamani… Duh… jadi pengen macem-macem….

Jam ½ 6, abis aku makan malem, mama & papa pulang, karena mau jemput maya. Sore ini, setiap disuntik obat di selang infus, berasa ngilu, sepertinya pergelangan tanganku yang tempat infus udah mulai rada bengkak. Jadi setiap kali abis dimasukin obat, harus dipijit-pijit sedikit. Sempet mau diganti, tapi aku gak mau, karena harus ditusuk-tusuk lagi….

08.03.2006
Tidur lumayan enak… Sempet kebangun pas infus-nya habis, dan sempet berdarah rada banyak. Selang infusnya diputer-puter, tanganku jadi rada ngilu. Jam 1 aku kebangun, manggil suster, aku bilang, koq pergelangan tanganku rada gak enak, rada ngilu. Akhirnya, terpaksa jugalah, infusnya dipindahin ke sebelah kanan. Ditusuk-tusuklah lagi. Udah sok kebal aja, deh… padahal sakit juga…

Akhirnya, aku tidur lagi… Jam 4, udah kebangun… hehehe… takut suster ngelewatin lagi, ntar aku gak dilap lagi badannya.

Jam ½ 5, suster dateng. Ganti baju. Sempet berasa kedinginan. Bercak-bercak di badan masih banyak. Setiap ke kamar mandi, aku ngaca, duh… mukaku… merah dan kering..

Diambil darah lagi, katanya sih, masih untuk cek trombosit.

Hari ini sarapan bubur ayam. Aku duduk, makan sendiri pelan-pelan, sambil ngeliat pemandangan lalu lintas yang mulai macet… ehh…. Gak berasa, abis juga bubur ayamnya… Hehehe… enak juga sih ternyata…

Mama and papa dateng. Terus, dokter juga dateng. Katanya, SGPT, SGOT (whatever it was…) udah mulai membaik meskipun blom normal. Mama tanya boleh pulang gak… dan, alhamdulillah, dokter bilang boleh pulang, tapi harus istirahat di rumah, dan dikasih banyak obat.

Nungguin urusan administrasi, sampe siang, sambil ngabisin cairan infus yang masih ada. Sempet makan siang dulu… Pas, lagi ngurus bayar-bayaran, berdiri di depan kasirnya, kepalaku masih rada ‘kleyengan’.

Pas keluar…. Wuihhhh… panas banget…. Kepalaku makin pusing…
Tapi, lega juga begitu sampai rumah… bisa tidur siang di rumah….

Malemnya, entah karena blom enak betul, kepalaku ya, masih pusing-pusing…

Senangnya kembali ke rumah….

09.03.2006
Di rumah, tidur-tiduran aja… entah karena pengaruh obat, abis mandi (akhirnya…. Cuci rambut!!!), sambil nonton tv, tiduran… eh… ngantuk…. Mau baca, juga males… ngantuk dan pusing…

Kalo bergerak rada banyak, juga masih rada pusing…
Ya… hasilnya, makan, nonton, tidur… makan… tidur….

10.03.2006
Hari ini, nyoba keluar rumah. Ikut jemput maya… Pengen makan Pizza Hut. Jadilah, makan Pizza Hut di Cibubur Junction. Tapi, begitu turun mobil… lho… lho… koq… pusing… Sambil makan pun, meskipun berasa yummy…. Tapi aku nahan ‘kleyengan’…

Ahh… ternyata belom fit bener…

11.03.2006
Di rumah aja… Nonton… makan… tidur…

Maya sama mama jalan-jalan ke plaza senayan. Pengen ikut… tapi, koq masih berasa pusing-pusing…
Akhirnya… ya… tidur aja…

12.03.2006
Papa pergi…
Mama sama maya pergi arisan… diajak sih sama mama, tapi aku takut ntar di sana, malah pusing-pusing…
Jadilah, aku sendirian di rumah… Nyari dvd yang blom ditonton, nemu ‘Shark Tale’

Abis nonton ‘Shark Tale’, bingung, mau nonton apa lagi… pengen nonton ‘Syriana’… males… abisnya kaya’nya rada membosankan… akhirnya, aku nonton Harry Potter yang pertama aja lagi. Masih enak buat ditonton… ngeliat Daniel Radcliffe masih imut-imut.

Terus… tidur siang….

Sore-sore.. hujan lumayan deres… jadi dingin deh… Badanku udah mulai agak enakan… pusing-pusingnya udah ilang, tinggal batuk-batuk yang masih sesekali.

13.03.2006
Hari ini ke dokter. Pagi-pagi, abis anter maya. Ke mitra, ambil darah dulu. Karena hasilnya baru 3 jam kemudian, jadinya, sama mama, nunggu di rumah mira dulu.

Hehehe… main deh, sama Fayyaz. Sekarang, dia lagi seneng main pake baby walker. Makin ‘ndut aja….
Pas Fayyaz tidur, kita pulang. Mampir carrefour mt haryono dulu sebentar. Nyari pelembab, karena mukaku yang biasanya berminyak, jadi kering kerontang.

Cuaca… panas banget….!!!

Jam 1an, ke rumah sakit lagi. Ambil hasil lab, terus ketemu dokter. Ya, kata dokter, sih udah membaik, meskipun blom normal. Cuma dikasih obat batuk.

Terus, pulang… duh.. duh.. duh… panasnya…. Ampun….

Besok… kembali bekerja….

Jadi begitulah kronologis dua minggu sakit…

06.03.13

0 Comments:

Post a Comment

<< Home