ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Friday, February 24, 2006

Cerita Pendek tentang Cerita Cinta Pendek


Cerita Pendek tentang Cerita Cinta Pendek
Djenar Maesa Ayu
GPU, Cet. II - Januari 2006
117 Hal.


Djenar Maesa Ayu kembali hadir dengan kumpulan cerpennya yang seperti biasa masih bermain-main dengan topik seks yang diungkapka dengan bebas dan tanpa malu-malu.


Di cover belakang kumpulan cerpen ini tertulis ‘Peringatan Penerbit: buku ini hanya untuk pembaca dewasa dan terlarang untuk pembaca yang merasa mengerti tentang cinta.’ Jangan harap kita akan menemui cerita cinta yang indah, yang berakhir dengan kebahagiaan, yang normal, yang menggambarkan kemesraan antara perempuan dan laki-laki. Jika mengharapkan hal seperti itu, lebih baik pilih buku yang lain saja!


Dalam buku ini, lagi-lagi Djenar menyuguhkan kisah (pencarian) cinta dengan latar kepahitan atau penderitaan sang tokoh utama.


Misalnya tentang anak perempuan yang mengalami pelecehan yang dilakukan ayahnya sendiri (Lihat: Suami Ibu, Suami Saya; Hangover) atau tema perselingkuhan (Lihat: Dislokasi Cinta; Three More Days; Istri yang Tidak Pulang), atau tentang perempuan kesepian yang merindukan cinta (Lihat: Al+Ex=Cinta; Lolongan di Balik Dinding; Semalam Ada Binatang; Ikan; Nachos)


Cerita Pendek tentang Cerita Cinta Pendek sendiri yang dijadikan judul buku ini mengisahkan tentang pergulatan batin seseorang dalam memilih antara dua cinta yang ia rasakan.


Yang menarik, Djenar memasukkan ilustrasi hasil karyanya sendiri di awal setiap cerpen. Menjadi keunikan tersendiri dari buku ini.


06.02.19

0 Comments:

Post a Comment

<< Home