ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Sunday, March 19, 2006

[Movie Review] Crash


Kemarin aku nonton Crash. Pengen tau gimana ok-nya film yang menang Best Picture di Oscar kemarin. Pilihan sih kemarin, antara Brokeback Mountain atau Crash, dan jatuhlah pilihan ke film Crash ini.

Cerita dibuka dengan adegan kecelakaan jalan raya. Terjadi perang mulut antara seorang perempuan Cina sama detektif keturunan Amerika Latin. Dan ternyata kita diajak flasback ke hari-hari sebelumnya. Di mana setelah itu kita bakal tahu apa hubungannya semua kejadian hari-hari sebelumnya dengan kecelakaan itu.

Film tentang kehidupan antar ras di LA. Lengkap dengan segala kesinisannya, ketakutan orang kulit putih terhadap orang kulit hitam, gimana orang kulit putih melecehkan orang kulit hitam, dan orang kulit hitam yang sinis sama orang kulit putih. Gak Cuma berkisar dua ras ini aja, tapi ada juga gimana orang Amerika ‘menuduh’ orang bertampang Arab sebagai ‘perusak’, teroris, hanya karena dia mau beli senjata. Tentang orang Cina yang ngejual orang-orang Kamboja (?). Sampai juga ke hubungan romantis antara detektif Negro sama detektif keturunan Amerika Latin. Polisi yang idealis, yang berusaha membela orang Negro yang ditangkapnya.

Sebenarnya di antara mereka gak saling mengenal, tapi ternyata sedikit banyak berhubungan satu sama lain. Meskipun kadang gak keliatan, tapi di antara mereka ada rasa saling membenci satu sama lain, saling menyimpan ketakutan, dan terkadang sedikit ‘melecehkan’. Sampai akhirnya, ada satu kejadian di antara mereka, yang membuat mereka sadar kalau sebenarnya gak perlu tuh yang namanya saling melecehkan, kalau orang yang berbeda justru akan jadi penyelamat mereka. Bahkan yang duluan ada ketika orang yang ‘sama’ malahan lebih milih urusan pribadi ketimbang nolongin saat susah.

Filmnya bagus… ada adegan-adegan yang bikin aku pengen nangis.. hiks… Misalnya, pas Matt Dillon termenung nolongin istri produser film yang jadi korban pelecehannya, atau pas anak tukang kunci ketembak dan bilang, “It’s OK, Daddy. I protect you.” Atau, pas si Baba Arab bilang kalau anak kecil yang ditembaknya itu adalah malaikatnya. Atau, pas istri produser telpon suaminya, dan sebelum istrinya bilang apa-apa, suaminya bilang duluan, “I love you…”, atau pas Sandar Bullock meluk pembantunya yang orang Meksiko (?) dan bilang, “You are my best friend.”

Ahh… emang… gak perlu masalahin perbedaan, toh, endingnya kita akan tahu, siapa sahabat sebenarnya….

Pemain film ini ada Sandra Bullock, Brendan Fraser, Matt Dillon (hehehe.. ini aja sih yang aku tau)

06.03.20

1 Comments:

  • At 10:56 AM, Anonymous Anonymous said…

    Cool guestbook, interesting information... Keep it UP
    »

     

Post a Comment

<< Home