ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Thursday, July 27, 2006

[Book Review] Daughter of Fortune

Daughter of Fortune
Isabel Allende
Flamingo, 2000
399 Hal.

Ditemukan di depan pintu rumah pemilih sebuah perusaaan Ekspor Impor Inggris, Eliza, diadopsi oleh Rose Sommers. Sejak kecil Eliza dididik untuk menjadi seorang wanita bangsawan. Keluarga Sommers adalah warga pendatang dari Inggris yang membuka usaha di Chile. Eliza tidak pernah tahu siapa orang tuanya, yang dia tau hanyalah Miss Rose dan Mama Fresia, pengasuhnya.

Menginjak usia remaja, Eliza jatuh cinta pada seorang pemuda Chile, Joaquin Andieta. Mereka menjalin hubungan secara sembunyi-sembunyi. Hingga satu malam, Joaquin meninggalkan Eliza dan pergi ke California. Ketika itu, berita tentang adanya tambang emas di California menjadi daya tarik bagi orang-orang di Chile yang bermimpi menjadi kaya raya. Tak terkecuali kekasih Eliza. Ketika mengetahui dirinya hamil, Eliza pun nekat menyusul Joaquin ke Amerika.

Dengan dibantu Tao Chien, mantan awak kapal Kapten John Sommers, Eliza menjadi penumpang gelap, berlayar menuju Amerika. Tao Chien sendiri adalah seorang zhong yi, atau tabib.

Perjalanan itu bukanlah hal mudah untuh Eliza yang sedang hamil muda. Dan sesampainya di California, Eliza harus menyamar menjadi seorang pemuda.

Tahun demi tahun berlalu tanpa ada hasil, di mana Joaquin berada. Malah yang didengarnya adalah Joaquin menjadi bandit yang kejam.

Ceritanya dibagi dalam tiga rentang tahun, yang menggambarkan perjalanan kehidupan Eliza sebagai tokoh utama dan latar belakang Miss Rose serta Tao Chien. Mungkin sekilas ini kisah roman biasa, cinta yang kadang membuat orang lupa diri, tidak pakai logika. Bisa dilihat dari Eliza yang baru berusia 16 tahun, tapi nekat menyusul kekasihnya sendirian ke negeri yang sangat jauh. Belakangan juga akan terungkap identitas Eliza yang sebenarnya.

Yang menarik di sini adalah cover novel ini, yang menggambarkan foto diri Eliza Sommers di usia yang lebih dewasa. Sosok yang cantik, tapi seolah menampakkan kekerasan hatinya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home