ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Thursday, July 13, 2006

[Book Review] Perpustakaan Ajabi Bibbi Bokken

Photobucket - Video and Image Hosting

Perpustakaan Ajabi Bibbi Bokken (Bibbi Bokkens magische Bibliothek)
Jostein Gaarder & Klaus Hagerup
Mizan, Cet. I Mei 2006
294 Hal.

Banyak cara untuk berkomunikasi jarak jauh, melalui surat pos, surat elektronik, atau bahkan melalui buku surat seperti yang dilakukan dua saudara sepupu ini, Berit dan Nils. Mereka berdua tinggal di kota yang berbeda -Oslo dan Fjaerland - Norwegia, dan memutuskan untuk saling berkomunikasi dengan buku-surat.

Buku itu berisi surat-surat di antara mereka berdua. Setiap yang satu selesai menulis surat, buku itu akan dikirim kepada yang lain.

Tanpa mereka duga, buku-surat ini membawa mereka pada sebuah petualangan menemukan sebuah Perpustakaan Ajaib. Adalah Nils, yang pertama kali mengungkapkan suatu kecurigaan terhadap perempuan tua misterius yang begitu tertarik ketika ia membeli buku-surat itu. Bahkan perempuan itu yang membelikan buku tulis tersebut.

Dalam buku-surat itu, Nils dan Berit saling bercerita bagaimana Bibbi Bokken, nama perempuan itu selalu mengikuti mereka berdua, bahkan selalu tahu apa yang sedang mereka lakukan.

Nils dan Berit berlagak jadi detektif, berusaha memecahkan misteri perempuan bernama Bibbi Bokken itu. Misteri yang berhubungan dengan Perpustakaan Ajaib, buku yang baru akan terbit tahun depan. Mereka menduga ada sebuah persekongkolan kecil untuk mencuri buku-surat mereka. Tapi, yang membuat mereka penasaran, kenapa Bibbi Bokken dan ‘gerombolan’nya itu tertarik dengan buku-surat mereka. Berit yang tinggal di kota yang sama dengan Bibbi Bokken, bertugas membuntuti Bibbi Bokken, mengintai dan menyelinap masuk ke rumah Bibbi, menyelidiki kehidupan Bibbi Bokken. Misteri makin lebar, ketika muncul tokoh Mr. Smiley, dan laki-laki Italia yang tuli. Siapakah mereka semua? Apa sih pekerjaan Bibbi Bokken sebenarnya?

Untuk penggemar buku, Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken ini akan jadi buku yang menarik. Di dalamnya terungkap begitu banyak hal yang berhubungan dengan dunia perbukuan, seperti Klasifikasi Desimal Dewey, isitilah incunabula, bahkan sejarah perbukuan di Norwegia. Nama-nama penulis terkenal juga menghiasi buku ini, seperti Astrid Lindgren – yang juga muncul sekilas sebagai salah satu tokoh, Roald Dahl, A.A Milne, dan lainnya. Ada puisi-puisi dari Jan Erik Vold Diceritakan juga bagaimana proses penerbitan sebuah buku. Ada unsur misteri, humor, rasa sok tahu dan penasaran khas anak-anak.

Buku ini terdiri dari dua bagian – bagian pertama adalah bab buku-surat antara Nils dan Berit. Sedangkan bagian kedua adalah bagian di mana terungkapnya misteri yang menjadi inti buku ini.

Karya duo penulis Norwegia ini menjadi buku ini unik. Jostein Gaarder, pastinya sudah tidak asing lagi. Karyanya sudah banyak diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, sebut saja Dunia Sophie, Gadis Jeruk dan Putri Sirkus dan Lelaki Penjual Dongeng (The Ringmaster's Daughter). Sedangkan Klaus Hagerup juga seorang penulis terkenal di Norwegia, karya-karyanya kebanyakan adalah buku anak-anak dan remaja.

2 Comments:

Post a Comment

<< Home