ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Saturday, November 12, 2005

Ucapan Lebaran

Menjelang lebaran, biasa deh, mulai bingung ngarang ucapan lebaran. Maunya yang gak standard, gak hanya sekedar ‘Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Ma’af Lahir dan Batin’. Maunya, pake sajak-sajak sedikit, pake kata-kata yang indah and puitis. Tapi, dasar gak berjiwa pujangga, akhirnya sibuk aja nyari ‘contekan’ ucapan yang bagus. Dari email atau dari sms. Dan ucapan selamat, makin hari, makin kreatif. Kadang-kadang gak muat hanya ditulis dengan sekali kirim sms. Apalagi yang lewat email. Wah… kata-katanya bagus-bagus banget. Jadi ngiri dong…

Sekarang, gue udah hampir gak pernah terima kartu lebaran. Dulu, sering banyak-banyakan kartu lebaran sama kakak & adek2 gue. Kalo udah musimnya kartu lebaran berdatangan ke rumah, begitu tukang pos dateng dengan setumpuk kartu lebaran, mulai deh, gue ‘harap-harap cemas’ menunggu, kali-kali aja, di antara setumpuk kartu lebaran ada yang buat gue. Seneng banget kalo dapet banyak,apalagi kalo si pengirim adalah cowok yang gue ‘ce-ce-pe-in’. Langsung deg-degan, and senyum-senyum sendiri. Kartu lebaran dari si ‘ce-ce-pe’ ini bakalan gue pisahin dari kartu dari temen-temen gue yang lain. Kalo kartu yang lain boleh diliat sama kakak, adek2 gue or even nyokap, kalo dari si ‘ce-ce-pe’ bakalan langsung gue simpan, dan hanya gue liat-liat lagi kalo gue lagi sendiri.

Gak kalah heboh waktu beli kartu lebaran buat ngirim temen-temen. Dulu belinya di Gunung Agung Ratu Plaza (aih… jaman kapankah itu??). Milihnya bisa lama banget. Sambil milih, biasanya langsung mikir, kartu yang gambar ketupat buat si ini, kartu yang gambar mesjid buat si anu. Pas sampe di kasir, tinggal mama and papa yang bengong, koq banyak banget kartunya. Padahal udah dibikin catetan siapa aja yang mau dikirim, tapi tetap aja membengkak jumlahnya. Dulu kalo milih kartu, gak mau yang gambarnya norak, tulisannya norak (ada tuh, kartu yang gambarnya ada cowok or cewek dengan tampang ‘sendu’). Milih kartunya, kalo yang serius gambar mesjid or ketupat (standard gak sih), dengan warna yang soft. Kalo mau yang rada lucu, tetap ada gambar ketupatnya tapi warnanya lebih cerah.

Tulisan di dalem kartu sih pasti standard, udah ada ucapan ‘Selamat Idul Fitri’ tinggal ditambahin angka tahunnya aja. Kalo males nulis lagi, paling cuma ditambah ucapannya buat siapa, ditambah lagi tulisan ‘Ma’afin gue ya…’ and tinggal ditandatangan, deh.

Udah gedean dikit, kira-kira SMP, mulai rada kreatif. Bikin kartu lebaran sendiri. Beli karton warna-warni, gunting segi empat, dilipet dua. Kadang, ditambahin tempelan bunga-bunga. Hehehe.. yang ada gak mirip kartu lebaran, malah jadi lebih mirip kartu valentine gara-gara warnanya dan gambarnya yang terlalu ‘manis’.

Kehebohan lain pas mau nge-pos-in kartunya. Beli perangko dulu yang banyak, ditempel di rumah. Baru anterin ke kantor pos segepok kartu lebaran. Kadang kalo udah mepet, kita jadi nempelin perangkonya di kantor pos.

Pas kuliah, udah mulai jarang kirim kartu lebaran. Paling hanya ke temen-temen deket aja. Apalagi semenjak ada handphone, lebih banyak terima and kirim sms aja. Begitu malam takbiran, mulai deh sms pada masuk. Dan lebih banyak lagi waktu abis sholat Ied. Pas mau kirim balik smsnya, wah.. susah banget… ‘jalur’nya lagi penuh kaya’nya.

Tapi, meskipun sms lebih praktis… kangen juga pengen kirim-kirim kartu lebaran…

05.11.11

0 Comments:

Post a Comment

<< Home