ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Friday, October 28, 2005

[Book Review] Look! I’m on Fire

Look! I’m on Fire
Ollie
205 hal
Gagas Media (September 2005)

Look! I’m on Fire seolah mau ‘mematahkan’ pepatah ‘dunia tak selebar daun kelor’, ternyata bener banget dunia itu sempit. Di buku ini, ceritanya berputar di antara mahasiswa Seattle University (yup, setting cerita berada di Seattle, Jakarta cuma muncul sedikit di bagian akhir).

Ema yang lagi patah hati karena putus sama pacarnya Louis, mengalami kecelakaan ketika apartmennya kebakaran. Ema hampir jadi korban kalau saja dia gak ditarik sama seorang cowok yang belakangan disebut Ema ‘the Savior’

Di tempat lain, Joko Onnasis (salah satu keturunan kesekian dari Dinasti Onnasis), mahasiswa Seattle U juga, lagi jalan-jalan sama temen-temennya, Nick dan Basuki, ketika kebakaran terjadi.

Secara kebetulan, Joko kenalan sama temen Ema, Putri. Buntutnya sih, Joko jatuh cinta sama Ema, tapi masalahnya meskipun Ema juga suka sama Joko, tapi dia masih nunggu ‘the savior’ yang memilih menyembunyikan identitas dirinya (kata the savior itu, dia pengen kaya’ Zorro atau Superman), sementara itu Joko udah pacaran sama Sharon, yang kebetulan pernah mendonorkan darahnya waktu Joko kecelakaan.

Kalo baca buku ini, bakalan sering bilang, “Oo… ternyata si Joko temennya ini….” Atau “Louis itu ternyata begini…”. Karena emang banyak banget kebetulan-kebetulan. Cerita Look! I’m on fire banyak humornya (judulnya aja komedi cinta yang hilang), bagian yang paling lucu menurut aku sih, waktu Joko bikin film dokumenter ‘Penguin Mencari Cinta’ bareng Nick dan Basuki. Kaya’nya Ollie terinpirasi sama novel Jomblo-nya Aditya Mulya. Endingnya gampang ditebak, dan ada bagian-bagian yang rada maksa, misalnya Joko yang waktu kecil tetanggaan dan suka main kejar-kejaran sama Paris Hilton (well.. tapi ini kan fiksi, jadi sah-sah aja kali, ya…), tapi.. baca buku ini tetap 'fun' dan menghibur...

05.10.24