ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Saturday, November 12, 2005

Suasana Lebaran dan Sesudahnya

Lebaran tahun ini rada sepi yang dateng ke rumah. Katanya macet, dan berhubung jarak waktunya deket sama acara arisan plus halal bi halal, pada milih ketemuan nanti aja di acara itu.

Seperti biasa sholat Ied di Hotel Bumi Wiyata, Depok. Abis sholat, makan dulu di sana. Tahun ini lebaran tambah satu ‘anggota’, ada Fayyaz yang jadi mainan dan rebutan orang-orang. Tahun ini pertama kalinya Fayyaz dibawa jalan-jalan ke sana ke mari.

Mama dan papa anak paling tua, dan sekarang termasuk yang dituakan. Jadi yang pasti dateng di hari pertama, adek2 mama & papa, terus anak-anak sepupunya papa. Biasanya kalo hari pertama, kita pasti gak bisa keluar rumah. Karena tamu dateng sambung-menyambung sampai sore.

Tapi, tahun ini, sore-sore di hari lebaran pertama, kita sempet pergi. Dan hari kedua kita pergi seharian. Hari ketiga, paginya ada tamu… siang baru pergi.

Jadinya, tahun ini relatif gak terlalu cape’ di rumah. Dan untungnya, pas kita berpergian pun, gak kena macet seperti yang diomongin orang-orang.

Masakan khas di rumah kalo lebaran, seperti biasa, ketupat dan ‘teman-teman’nya. Kalo di rumah, untuk kuah ketupatnya bukan opor ayam yang warn putih, tapi warnanya kuning, namanya bumbu Anam (ini khas palembang) – warna kuning (kaya’nya) karena kunyit yang ditumbuk sampai halus – nantinya sih jadi kaya’ opor ayam juga, terus ada sambal goreng buncis (ditambah ati, ampela and pete sedikit), sambel goreng ebi, dan daging (hmmm.. gak tau namanya apa). Semuanya bersantan. Aku paling suka kalo kuah Anam-nya udah kental karena dipanasin berulang kali. Lebih enak. Tapi juga, kalo kebanyakan, bikin perut rasanya ‘berat’ banget.

Katanya sih, kuah Anam buatan mama paling enak. Soalnya, biarpun tante-tanteku pada minta bikinin bumbunya, tetap aja tuh, kata suami2 mereka, kuah Anam di rumah lebih ‘nendang’, karena santannya benar-benar dari kelapa asli, bukan santan kelapa instan.

Kalo kue-kue, biasa deh, kue-kue palembang, kaya’ maksubah (my fave) & lapis susu. Kue-kue ini rasanya manis (banget, kata beberapa orang), masaknya juga perlu ‘pengorbanan’ dan tingkat kesabaran yang tinggi, soalnya harus selapis-selapis. Kalo kue keringnya, ada kaastengels, sagu keju & coco crunch, plus kacang campur.

Kalo bertandang ke rumah orang lain, biasanya gue nyari puteri salju, soalnya di rumah gak bikin, atau membandingkan rasa kastengels punya orang lain.

Nah, begitu hari ke-empat, udah mulai ‘eneg’ makan ketupat dan teman-teman santannya (kecuali Mama, yang doyan banget, katanya, “Kan gak pa-pa, sekali setahun.”). Mulai deh sarapan masak indomie, makan siang ikan goreng, sambel mangga plus sayur asem. Wuiiihhh.. sedap banget…

Dan pas mulai kerja hari Rabu, jalanan masih sepiiiii banget. Jam rumah jam 6, jam ½ 7 udah di daerah Prapanca. Akhirnya, kita nyari-nyari sarapan aja dulu. Ehhh… nemu tukang bubur di daerah Panglima Polim, namanya Bubur Apotik Jaya.

Tempatnya bersih, buburnya banyak (rada modern nih, mangkoknya udah bukan mangkok cap Ajinomoto lagi, tapi mangkok keramik). Rasa buburnya enak (gak hambar), kaldunya berasa. Isinya banyak, gak basa-basi. Selain ayam, ada cakwe and tong cay. Ditambah kerupuk dan emping. Harga seporsi Rp. 6,000, tapi kalo pesen setengah porsi, bukan 3000 perak, tapi 5000 rupiah. Hehehe.. sempet terkecoh nih…

Suasana di kantor juga masih sepi, banyak yang cuti. Kerja pun blom ‘on’ banget. Masih santai. Dan pas pulang, juga masih sepi. Jam 6 kurang dari sudirman, jam 7an udah di rumah (Puas deh, main sama Fayyaz).

Kalo hari Kamis, perjalanan berangkat kantor juga masih relatif cepet. Cuma pas pulangnya, udah mulai tersendat di tol kota dan pas mau masuk jagorawi. Wah… yang mudik udah pada balik kaya’nya.

Hari senin pasti mulai padat… dat… lagi…

05.11.11

0 Comments:

Post a Comment

<< Home