ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Wednesday, December 13, 2006

19.11.2006 (Part 2)

Photobucket - Video and Image Hosting

Setelah acara adat, kita siap-siap ganti baju adat Palembang untuk acara resepsi. Duh, yang aku bayangin, kepalaku bakalan terasa berat banget. Karena di kepala bakalan penuh dengan segala macem tusuk konde. Tapi.. ehem... dari dulu, dari sejak Ayuk nikah, aku selalu membayangkan one day aku juga akan pake busana yang sama, yang katanya adalah baju kebesaran kerajaan Palembang, makanya dinamain 'aesan gede'.
O ya, sebelum ganti baju, sempet foto-foto dulu pake baju akad nikah. Kata orang sih, aku mangling-in. Masa sihhh???? (Tersipu-sipu mode: On)
Lagi-lagi kata perias baju adatnya, aku pengantin yang penurut. Karena dipasangin segala macem tusuk konde yang berat dan beraneka ragam, aku diem aja. Abisnya, aku mikir, kenapa juga aku harus cerewet. Kata mama, jadi pengantin itu gak boleh cerewet. Jadi selama aku masih bisa napas dan tahan, aku nurut aja.
Di kamar rias, sempet 'rusuh' dan heboh karena Fayyaz 'ngamuk'. Lagi tidur enak-enak... eh.. dibangunin disuruh ganti baju. Jelas Fayyaz jadi bt banget.
Lalu, setelah semua siap, kita foto-foto dulu. Tamu-tamu udah semakin rame. Jam 11, acara dimulai. Kita 'diarak' dari depan pintu masuk ke gedung. Barisan pertama adalah pemain terbangan atau rebana. Lalu para penari. Lalu baru gue and Bagus. Di belakangnya baru rombongan keluarga.
Duh.. merinding banget waktu lagu 'Gending Sriwijaya' diputer. Kita jalan pelan-pelan menuju panggung. Setelah sampai di panggung, dilanjutkan yang namanya tarian 'Pagar Pengantin', ini adalah tarian terakhir dari seorang perempuan, tarian terima kasih, tarian 'perpisahan' dari lajang jadi seorang istri. Sebenernya gue dari dulu juga pengen banget bisa ikut nari, tapi gak ada waktu untuk latihan. Kata Nyai Reni, bergerak aja tangannya, kalo pengantin sih boleh gerak sesukanya. Tapi, guenya yang gak pe-de. Jadinya, gue cuma diem aja di atas nampan emas. Dan tarian itu lama banget, gue jadi rada bosen, yang ada gue senyam-senyum, cenderung cengar-cengir ke arah sodara-sodara gue. (Belakangan Myra bilang, tampang gue gak 'anggun' banget gara-gara cengar-cengir itu!)
Lalu, ya, standard deh.. acara seremonial resepsi: sambutan, baca doa and ucapan selamat dari tamu.
Dan Alhamdulillah, meskipun makin lama, beban di kepala gue semakin menyiksa, gue kuat sampai tamu terakhir. Dan, gue gak berasa laper, padahal pagi-pagi cuma makan roti sedikit. Gak berasa pusing. Entahlah, emang kata orang, kalo udah begitu, gak bakal berasa laper or haus.
Saking banyaknya orang, kadang gue gak ngeh kalo temen gue lewat. Baru setelah salaman gue sadar kalo itu temen gue. Apalagi kalo udah temen-temen yang udah lama banget gak ketemu, gue suka gak sadar. Udah gitu, karena gue pake contact lens, mata gue suka kabur, kalo gak cepet-cepet dikedip-kedip.
Setelah tamu-tamu bubar, tinggal sodara-sodara, kita berdua turun dari panggung. Makan dan ganti baju.
Acara berjalan lancar. Kata orang, makannya enak, dekorasinya bagus, musiknya yang piano tunggal juga bagus, gak berisik dan bikin pusing.
Lega banget... tinggal kita berdua yang pelan-pelan bikin rencana mau dibawa kemana rumah tangga kecil kita ini.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home