ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Friday, September 02, 2005

10 Tahun FEUI Angkatan’95

Gak berasa banget… tau-tau… tahun ini… ternyata… 10 tahun yang lalu aku masuk kuliah… lulus SMA… berasa udah lebih ‘gede’ dan lebih ‘dewasa’. Seneng banget karena bisa belajar pakai baju bebas, gak harus seharian penuh… bisa ambil kuliah yang kita sukain. Itu semua adalah gambaranku… gimana aku excited-nya masuk ke dunia perkuliahan. Gak kebayang gimana lebih susahnya ketika masuk ke bangku kuliah.

Pagi-pagi, waktu hari pengumuman UMPTN, aku dibangunin sama mama dan yang lainnya, dicium-ciumin, semua pada seneng aku bisa masuk FEUI. Aku sempet rada hopeless, abis kaya’nya aku salah bikin urutan perguruan tinggi yang aku daftar.

Dan aku udah bersiap-siap untuk ikutan ospek di perbanas seandainya aku gak keterima di universitas negeri.

Hari pertama datang ke balairung… ketemu sesama mahasiswa baru. Berhubung dari sma-ku, cuma aku sendiri yang keterima di FEUI, jadilah aku terbengong-bengong selama pendaftaran ulang. Sementara yang lainnya aku liat pada ngobrol sama temen satu sekolah mereka.

Akhirnya dapet temen satu kost yang juga anak FEUI. Inget waktu latihan nyanyi untuk wisuda di balairung. Dapet temen baru, beda fakultas. Terus, waktu penataran P4. dapet tempat di fakultas teknik.

Shock waktu pertama kali ketemu senior di FEUI, para tibum yang galaknya minta ampun… Inget waktu OPT, hukuman favorit mereka: setengah jongkok. Dibentak-bentak, dimarah-marahin… waduh.. katanya sih… OPT angkatan’95 termasuk OPT yang lumayan berat, tapi, angkatan’95 juga dibilang angkatan yang lumayan kompak. Karena sampai udah pada ‘tua-tua’ masih tetap suka ngumpul bareng.

Inget bikin tugas OPT yang banyak banget, sampe baru tidur jam 4 pagi. Selesai gak selesai, tetap aja dimarahin. Pagi-pagi udah disuruh setengah jongkok. Duh… kalo inget saat-saat OPT, kaya’nya waktu berjalan lambattttt banget… kita gak tau, apakah udah siang, sore atau malam. Soalnya kita dikumpulin di auditorium FEUI yang setiap celahnya ditutup sama karton hitam. Saat-saat bisa istirahat itu, kalo ada pembicara yang ngomong di depan… kadang-kadang malah ketiduran sebentar. Tapi, langsung ‘tegang’ lagi kalo tibum udah masuk, dengan gulungan koran di tangan mereka. Dan satu lagi saat-saat paling enak, adalah waktu penyegaran rohani. Sholat, dikasih kue, dan seniornya baik-baik banget.

Begitu selesai OPT, ternyata ‘penderitaan’ belum berakhir… masih ada Pasca OPT. Selama sebulan, harus pakai jaket kuning, pakai rok dan kemeja. Belum lagi tugas minta tanda tangan senior yang setiap hari jumlahnya bertambah. Terus, ditambah lagi tugas wawancara panitia, ketua senat, ketua bpm dan lain-lain. Terus, tugas-tugas untuk bikin rangkuman kuliah hari itu. Gak boleh makan di kantin.

Terus, dulu juga jamannya ‘baju adek’ lagi nge-trend. Sempet ada pro-kontra soal ‘baju adek’ itu.

Di semester-semester awal, aku termasuk yang rada santai kuliah. Sering ‘cabut’. Dan, rada nyesel juga sih. Karena gara-gara itu, aku harus ngulang beberapa mata kuliah.

Aku punya temen satu ‘gank’, 12 orang cewek plus 2 orang cowok. Kemana-mana selalu bareng. Meskipun kalau kuliah, gak selalu satu kelas, tapi, pasti siapa yang selesai duluan, nungguin yang blom selesai. Makan di kantin atau sekedar duduk-duduk, selalu ‘bergerombol’. Beberapa kali juga jalan bareng. Misalnya, waktu Plaza Senayan baru buka, rame-rame naik mobilnya Hanna, Donna atau Dian, kita rombongan ke sana. Atau, ke Mall Taman Anggrek, main ice skating. Biar gak bisa, tetap aja cuek (jadi inget kejadian di Happy Day’s Roller Disco). Gara-gara barengan terus, kita sempet dibilang “Independent Women”!!! Sekarang sih, udah jarang ketemu, sebagian besar udah pada berkeluarga, udah sibuk sendiri-sendiri. Paling cuma email-emailan aja.

Waktu tinggal di tebet, aku sempet berangkat & pulang kuliah naik kereta api jabotabek. Sering ketemu dan pulang bareng temen-temenku. Dan waktu udah tinggal di cibubur, aku kuliah naik angkot. Jarang ketemu temen, karena arahnya beda, paling jalan bareng sampe stasiun, terus aku lanjut jalan ke kober, ke tempat angkot.

Tempat nongkrong favorit angkatan ’95 itu di Lobby A. Waktu semester awal, kuliah kita masih ‘teratur’ jamnya masih sama, mata kuliah masih sama. Otomatis jam istirahat juga relatif sama, jadinya suka duduk-duduk di Lobby A, becanda-becanda. Lobby A juga tempat paling gampang untuk janjian sama temen.

Kadang kalo kuliah suka dapet dosen yang baik, yang ‘killer’ atau bahkan yang ngebosenin. Suka sebel kalo kuliah siang jam 2an, udah panas-panas, ngantuk-ngantuk… ehhh.. kuliah ditiadakan. Sering banget, kuliah diganti hari sabtu, karena dosennya super sibuk.

Sempet ikutan kuliah semester pendek di salemba. Kampus Salemba kesannya lebih nyaman karena masih banyak pohon-pohon, tapi juga rada serem.

Sempet ngalamin masa-masa demo tahun 98. Sempet sekali sih ikutan demo keliling kampus ui depok. Tapi, gak ikutan waktu temen-temenku pada nginep di gedung MPR/DPR.

Sempet gagal waktu ujian kompre, akhirnya harus ngulang. Tapi, seneng banget waktu bisa lulus di ujian kedua. Ikut wisuda… tapi, wisuda gak seseru yang aku bayangin karena panas, dan kampus macet banget.

Dan… bersyukur banget karena gak sempet ‘nganggur’ terlalu lama.

Itu, deh, kenangan singkat masa-masa kuliahku. Aku emang bukan termasuk mahasiswa yang aktif, tapi aku seneng punya sahabat-sahabat yang baik dan perhatian.
05.08.30

0 Comments:

Post a Comment

<< Home