ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Friday, August 19, 2005

Cerita 17 Agustus-an

Hari ini Indonesia ulang tahun yang ke 60. kaya’nya masih muda ya untuk ukuran sebuah bangsa. Apalagi dalam keadaan yang bisa dibilang kacau balau. Gue pernah denger di radio, katanya pemimpin kita ini ibarat anak-anak balita yang masih seneng main-main, makanya urusan negara banyak yang gak beres. Entah bener atau gak, kadang emang gue gemes banget sama pemerintah dan wakil-wakilnya yang koq sepertinya lebih mikirin diri sendiri. (beda banget sama janji-janji waktu lagi pemilu, kan??)

Udah, ah… cukup soal politik karena gue gak ngerti.

Kenangan gue sama 17 Agustusan, rasanya gak banyak. Paling sebatas upacara bendera di sekolah. Kalo upacara bendera, sebenernya gue pengen banget jadi petugas pengibar bendera, kaya’nya keren aja. Tapi, rata-rata gue kebagian buat mimpin paduan suara. Bukan berarti suara gue bagus sih…. Tapi entah… gak tau juga kenapa… Cuma beberapa kali gue jadi pengibar bendera.

Terakhir upacara, waktu penerimaan mahasiswa baru di ui. Abis itu.. kaya’nya gak pernah lagi ya.

Acara rutin kalo abis upacara, pasti nonton upacara bendera di istana. Kalo dulu, setiap pasibraka lagi tugas dan pas bendera merah putih lagi dinaikin, semua pada diem, dan kadang berasa merinding karena di tv pun, hening… Cuma kedengeran lagu Indonesia Raya. Dan rasanya, kita ikutan lega kalo paskibraka bertugas dengan mulus dan tanpa cacat.

Kalo lomba-lombaan… hmm… rasanya dulu standard aja… lomba makan kerupuk, balap karung, masukin benang ke jarum sambil jalan, masukin kapur ke botol. Lumayan sering jadi juara. Pernah surprise banget jadi juara satu, lomba masang gambar, tapi matanya ditutup. Kalo lomba yang gak pernah diikutin, lomba sepeda… soalnya gak bisa naik sepeda, sihhh….
Dulu lomba di Tebet dikoordinir sama remaja daerah rumahku. Setiap deket 17an, mereka pasti dateng ke rumah, minta sumbangan sekaligus daftar nama-nama yang ikut lomba. Aku selau mengiyakan ikutan lomba dengan malu-malu, tapi mau.. Pas hari H-nya, suka bingung juga… abis gak terlalu akrab sama anak-anak sebaya yang lainnya.

Biasanya sore-sore kita lomba, tanggal 16 babak penyisihan, dan tanggal 17, acara finalnya. Dan malemnya, baru acara pembagian hadiah. Pernah pake api unggun. Terus, pernah juga lampu mobil hartop. Ada acara nyanyi-nyanyi-nya juga. Rada garink, sih… tapi ya lumayanlah… ada keriaan dikit.

Nah, begitu pengurusnya pada married, terus ada yang pindah rumah, acara 17an itu pun ilang, karena gak ada yang koordinir lagi. Dan, lapangan kosong tempat biasa lomba diadain, dijadiin taman bermain.

Ke belakangnya, aku gak pernah lagi ikutan yang namanya acara 17 Agustus-an. Dan acara nonton upacara di Istana pun juga berkurang frekwensinya dari tahun ke tahun.

Sebenernya apa ya, arti ‘merdeka’ sendiri? Buat aku pribadi, merdeka itu artinya aku bisa melakukan apa yang aku mau, tapi gak seenaknya. Aku bisa lepas dari segala ketakutan yang kadang timbul di hati. Bebas mengungkapkan apa yang aku rasakan. Bebas curhat deh, pokoknya… tanpa ada yang merasa tersinggung… tapi… kadang dalam hati gue bertanya, ‘Do I love Indonesia?’ Hmmm… entah ya, gue sendiri blom bisa jawab dengan pasti. Aku care dengan bangsa ini, cuma koq rasanya blom banyak yang gue perbuat… duh… gue bukan sok idealis, ya… tapi… that’s how I feel.. kadang gue gemes… kadang gue kesel… tapi, kalo bangga??? Hmmm… jarang kali ya… tau, ah…

Merdeka, deh..!!

05.08.17
[catatan 17 agustus yang gak selesai…]

1 Comments:

Post a Comment

<< Home