ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Saturday, July 02, 2005

Rumput Laut

Waktu itu papa pernah dikasih rumput laut mentah sama temennya dari Korea, nah pas banget aku liat di female ada artikel tentang rumput laut. Nah, ini sekilas tentang rumput laut.

Jenis Rumput Laut:
1. Algae Cokelat
- Arame:
rumput laut dari Jepang ini memiliki rasa yang ringan. Arame dikeringkan dan dipotong berbentuk batang. Dicampurkan ke dalam sup atau dihidangkan sebagai sayuran.
- Hijiki: jenis ini banyak ditemukan di daerah Timur Jauh, mengandung kalsium yang paling tinggi di antara semua jenis rumput laut. Bentuknya keras dan setelah dipanen, harus mengalami pengeringan hingga dua kali. Saat dimasak, menyerap air dan membesar lima kali dari ukuran keringnya.
- Kelp: rumput laut jenis ini banyak ditemukan di sepanjang garis Pantai Pasifik dan Atlantik. Nama Kelp berasal dari Eropa. Biasanya dikeringkan dan dijual utuh atau diolah hingga berbentuk bubuk. Bisa ditaburkan di atas makanan sebagai penyedap atau sebagai hiasan untuk salad.
- Kombu: bisa digunakan sebagai sup kaldu atau ditambahkan pada bagian bawah mangkuk nasi atau sayuran untuk mencegah tidak lengket.

2. Algae Merah
- Agar-agar: berbentuk gel padat yang kaya rasa yang biasa dibuat dalam suhu ruangan. Kaya akan serat dan iodine.
- Nori: tidak seperti jenis rumput laut lain yang dikumpulkan secara liar, nori dibudidayakan. Nori biasa digunakan sebagai penghias sushi atau dipotong-potong untuk digunakan sebagai penghias makanan atau dimakan apa adanya. Mengandung vitamin A dan protein yang sangat tinggi.

Manfaat Rumput Laut:
- Mempunyai kemampuan dalam menyingkirkan radioactive strontium dari tubuh kita. Algae cokelat seperti kelp mengandung alginic acid yang mengikat racun di dalam tubuh dan membuangnya melalui saluran pencernaan.
- Mempunyai kandungan kalsium, magnesium, zat besi, iodine dan sodium yang stinggi. Dalam ¼ gelas hijiki yang sudah dimasak, mengandung lebih dari setengah kalsium yang ada di dalam satu gelas susu dan lebih banyak zat besi dari yang ada dalam telur.
- Bagi vegetarian, rumput laut bisa menggantikan manfaat yang ada di dalam daging.
- Rumput laut juga kaya akan vitamin A, B1, C dan E, serta protein dan karbohidrat. Rumput laut juga rendah kalori dan lemak serta merupaka sumber mineral.
- Sebuah riset telah membuktikan bahwa mengkonsumsi rumput laut dapat menurunkan tingkat estrogen dan memperpanjang siklus reproduksi. Kanker payudara disebabkan oleh tingkat estrogen yang tinggi dan para peneliti berharap rumput laut bisa mengalahkan hormon penyebab kanker ini. Memang ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah, namun dilihat dari riset yang membuktikan bahwa rumput laut menurunkan tingkat estrogen bisa melawan kanker (www.newstarget.com)

dari:
Beauty ‘Seaweed: Beauty from the Sea’
Female – Juni 2005
hal. 130 – 131