ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Saturday, September 09, 2006

[Jalan-Jalan, Nih…] Ubud Tour: Barong Dance, Traditional Activity and… Shopping @ Sukowati…!!!

Hari ini jadwal kita adalah jalan-jalan ke daerah Ubud. Pagi-pagi, jam ½ 7 bangun… Gayanya aja sih, minta dibangunin jam ½ 6 sama receptionist hotel, abis ditelepon ke kamar, ya, tidur lagi sampe jam ½ 7. Hmmm… rasanya males banget mau bangun. Udara Bali di pagi hari, dingin juga. Abis mandi, kita langsung ke The Pond café buat sarapan. Kalo pas kemarin makan siang, kita makan di dalam ruangan, pagi ini kita makan di luar. Emang gak di pinggir pantai sih, tapi di sekitar kolam renang. Dan bikin segar, bisa menghirup udara yang enak.

Abis sarapan, gue ama Echi nyempetin ngeliat pantai yang ada di area hotel. Pasirnya bersih, dan lautnya biru… menenangkan hati, deh, pokoknya… Berhubung ini private beach-nya hotel, jadi gak ramai. Katanya sih, kalo di Pantai Kuta yang rame itu, suka banyak anjing yang buang kotoran sembarangan. Setelah puas foto-foto, akhirnya, kita ngumpul di lobby. Siap-siap untuk tur selanjutnya.

Jam ½ 9 (ngaret again… ), kita mulai bergerak menuju Ubud. Kata guide-nya, sekitar 1 jam perjalanan. Lumayan jauh juga. Di sepanjang jalan, sesekali keliatan orang lagi nyiapin sesajen di depan rumah atau tempat usahanya. Bahkan di mobil pun ada sesajen, atau kalo gak salah disebut ‘Banten’. Menurut cerita si guide, setiap hari, selalu dibikin sesajen, biar usaha dan segalanya berjalan lancar. Kalo misalnya kita gak sengaja nginjek sajen tengah jalan, itu gak pa-pa, tapi kalo disengaja, katanya, silahkan tunggu karmanya. Duh, serem banget…

Dalam perjalanan, guide-nya cerita tentang pertunjukan Barong yang akan kita liat. Katanya, ceritanya itu diambil dari Epos Mahabarata. Pokoknya tentang yang baik dan yang jahat, deh. Sampai di tempat pertunjukkan Barong, babak pertama udah mulai. Mungkin kalo yang gak terlalu tertarik, pertunjukkan ini rada ngebosenin. Karena bahasanya sendiri pake bahasa Bali, dan kita hanya bisa menerka-nerka ceritanya dari tokoh-tokoh yang muncul dan dari gerakan tarian mereka. Pertunjukkannya sendiri mungkin berlangsung sekitar 30-45 menit.

Setelah itu, kita ngeliat-liat tempat penjualan kerajinan Bali di Galuh. Letaknya sih tepat di sebelah tempat kita nonton tari Barong. Gak beli apa-apa di sana, karena ya… gak terlalu menarik buat gue.

Sebelum ke Sully Resort – tempat kita makan siang, kita mampir ke tempat penjualan kacang Rahayu, oleh-oleh khas dari Bali.

Dalam perjalanan menuju Sully Resort, kita melewati desa-desa pengrajin di daerah Ubud. Desa-desa itu sendiri terbagi-bagi, ada yang khusus tempat lukisan, tempat keramik, tempat furniture dan ukiran. Di sepanjang jalan, ngelewatin beberapa pura desa. Katanya sih, beberapa bulan sekali pasti ada upacara.

Makan siang di Sully Resort. Dari tempat parkir menuju ke restonya, kita ngeliwatin kanopi bunga bougenvile yang cantik. Udara yang panas jadi sedikit teduh karena kanopi itu. Kita makan siang dengan menu tradisional. Sambil dihibur beberapa tarian Bali. Hehehe.. liat ada yang nari Pendet, inget masa kecil. Satu-satunya tari Bali yang gue bisa, ya Pendet ini.

Abis makan, ada tradisional activity. Ada melukis batik, melukis telur, melukis layang-layang, bikin keramik, memahat, belajar nari, belajar gamelan dan ada belajar bikin sesajen. Tadinya sih, aku mau ikutan melukis batik, aku pikir bakal ngelukis di atas kain. Tapi, ternyata gak. Bikinnya di kanvas, dan pesertanya hanya 3 orang anak kecil… cowok pula… hehehe… jadi aku beralih ke belajar bikin keramik. Sok bergaya Demi Moore… dasar emang gak punya bakat dan jiwa seni, keramik bikinanku yang seharusnya bentuk bintang, jadi peyot di sana-sini. Berhubung keramik hasil karyaku belum kering, jadinya gak bisa dibawa pulang, dan ternyata kita boleh milih keramik yang udah jadi… tapi gue gak tau.. jadinya gak kebagian deh…

Setelah bikin keramik, kita bergerak menuju Sukowati… Shopping time!!! Di awal, gue sempet bingung ngeliat begitu banyak toko dan barang di Sukowati. Daftar belanjaan udah ada, tapi bingung mau mulai dari mana. Akhirnya, gue ‘belajar’ nawar dengan sadis dulu dari temen gue. Karena, harga yang dipatok lumayan gila-gilaan, dan harus ditawar bisa-bisa sampai separoh lebih. Setelah mulai enjoy, gue ‘berkeliaran’ sendiri. Nyari-nyari barang buat oleh-oleh dan yang lucu-lulu. Satu setengah jam ternyata gak cukup. Gue dapet baju daster, t-shirt, sepatu, sendal dan tas anyaman yang lucu. Tapi, begitu sampai di bis, saling memamerkan barang, gue ‘ngiri’ liat barang-barang hasil buruan temen-temen gue. Rasanya pengen turun lagi.

Jam ½ 5 sampai hotel lagi. Gue sama Prili cuma taro belanjaan di kamar dan kita langsung cabut lagi. Tujuannya ke Hard Rock. Jalan kaki menyusuri Kuta. Masuk ke beberapa toko kalung, toko t-shirt. Ngelewatin Kuta Square yang penuh toko-toko yang lumayan ber-merk. Lama-lama, gue sama Prili mikir, koq gak nyampe-nyampe ya?? Ternyata lumayan jauh juga dari hotel.

Begitu masuk ke Hard Rock Megastore-nya… duh… senang… bukan apa-apa… soalnya dingin… hehehe.. Bingung mau beli apa, akhirnya belilah merchandise gak penting… magnet… pembatas buku…

Gak sadar, ternyata udah lama banget kita di sini, akhirnya begitu keluar dari Hard Rock, ternyata udah gelap. Awalnya, gue sama Prili masih jalan santai. Masih sempat bolak-balik keluar-masuk toko, nawar barang tapi gak niat beli. Masuk ke salah satu toko tas, buat beli oleh-oleh untuk mama. Dan, baru kita sadar, kalo hotel masih jauh, dan saat itu udah ½ 7. Padahal, lagi-lagi kita harus ngumpul jam 7 untuk makan malem. Akhirnya, kita ngebut, sampe kaki gue pegel and lecet! Mana kita sempet hampir nyasar ke Legian. Pas lagi jalan ngebut, sempet ngeliat ada toko buku nyelip di antara toko-toko sounveri, pengen mampir… tapi, waktunya gak memungkinkan.

Lega banget begitu ngeliat tulisan nama hotel kita. Pas jam 7 sampai di hotel. Orang-orang udah pada ngumpul. Tapi kita cuek aja. Langsung menuju kamar. Buru-buru ganti baju, tanpa mandi dan dandan lagi. Cuma bedakan sama semprot-semprot wangi-wangi sedikit. Dan langsung ngumpul di lobby. Dandannya baru di bis.

Kita makan malam di Grand Mirage Hotel, Nusa Dua. Malem ini adalah makan malam penutupan acara outing, sekalian menjelang perayaan ulang tahun HBT ke 6. Temanya ‘6 Tahun Kebersamaan’. Di daerah Nusa Dua, kita ngelewatin hotel-hotel yang bagus-bagus banget. Salah satunya, Condrad. Wahh… dari tamannya aja keliatan ini hotel yang bagus. Katanya, kalo di daerah Nusa Dua ini, gak terlalu rame. Mungkin karena hotelnya juga mahal dan juga jauh dari pusat keramaian.

Di Grand Mirage, kita udah disediain tempat untuk makan malam di pinggir pantai. Sayang, gelap gulita, jadi pantainya gak keliatan. Cuma kedengeran sesekali ada suara ombak aja. Kita disambut dengan musik-musik latin. Sementara sambil makan malam, kita dihibur sama tarian Kecak. Makanannya juga enak-enak. Ada ravioli yang yummy banget (gue sampe nambah…hehehe), ada bebek bengil, mie ayam yang juga enak (udah lama gak makan mie, sih), terus aneka salad yang segar. Rada kasian juga sama penari kecak itu, abisnya dicuekin, sedikit aja yang meratiin mereka nari, karena kita pada sibuk makan. Kaya’nya cerita yang dimainkan, adalah cerita Rama dan Shinta… katanya… lho…

Abis makan, ada acara pemutaran video tentang HBT. Wah… ternyata bagus… dan sempat membuat gue terharu. Setelah itu, kita foto-foto dan siap-siap pulang.

Sampai hotel udah hampir jam 12 malem. Echi ngajak jalan-jalan, tapi gue lebih milih untuk beresin koper.

Jam ½ 2 baru tidur, setelah ngobrol-ngobrol sama Echi.