ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Saturday, July 23, 2005

Warmo

Bertahun-tahun dulu aku tinggal di Tebet dan bolak-balik ngelewatin tempatnya, akhirnya baru hari ini bisa nyicipin yang namanya makan di Warmo.

Warmo, singkatan dari Warung Mojok. Termasuk dalam kategori Warteg alias Warung Tegal. Letaknya emang berada di pojokan Pasar Darurat, Tebet. Mungkin dari sini nama Warmo berasal.

Warmo ini, sepertinya udah ada dari jaman aku kecil, dan selalu rame. Katanya sih, banyak artis yang suka makan di sini (gak tau deh, siapa aja artisnya…). Dan sepertinya sih, tempat ini termasuk tempat ‘gaul’ atau anak-anak tebet nongkrong. Waktu aku ke sana aja, ada satu meja yang isinya ya… anak-anak kuliahan kaya’nya. Dan hebatnya Warmo ini, seingetku udah 2 atau 3 kali ngalamin musibah kebakaran, tapi tetap bertahan di tempat yang sama dan masih tetap rame sampai sekarang.

Asal mula aku pengen makan di Warmo ini, gara-gara minggu lalu, aku sempet ngelewatin tempat ini beberapa kali. Kebetulan waktu lampu merah, mobil pas berhenti di sebelah Warmo, dan aku ngeliat pegawainya lagi motongin sayur (mendingan nih… pernah juga ngeliat mereka lagi motong daging ayam… di pinggir jalan….). Hehehe, kalo orang yang higienis banget, pasti males makan di sini begitu ngeliat aktivitas potong-memotong di pinggir jalan.

Kembali ke alasan pengen makan di Warmo, setelah ngelewatin tempatnya, tiba-tiba aku kepikiran, kalo hari Sabtu jalan, aku pengen ngajakin Bagus makan di sini. Katanya kan, dia lumayan sering makan di sini, pastinya tau dong, menu-menu yang enak apa aja.

Waktu ke Warmo, pas jam makan siang, untungnya gak terlalu rame. Masalah tempat, jangan diliat dari pinggir jalannya, ntar malah il-feel, tapi liat di dalemnya aja… Bisa dibilang cukup bersih. Mejanya bersih, lantainya bersih. Gak ada tuh, piring bekas yang masih berserakan di meja. Lemari tempat lauknya juga bersih. Lauh ditempatin di lemari kaca, jadi kita bisa gampang milihnya. Tempat duduk, ya model di warteg, bangku panjang dengan meja panjang menghadap ke ‘display’ makanan. Jenis lauk-pauknya juga cukup banyak. Yang aku liat, ada paru goreng, sate usus, sate ati-ampela, udang, kerang, cumi balado, cumi bakar, ayam goreng, ayam bakar, ikan tenggiri balado, teri kacang, tempe ‘orek’, rending, sayur cap-cay. Ini yang keliatan.. entah lemari di ujung yang gak aku liat isinya apa. Terus, ada pisang yang tergantung-gantung di atas.

Aku milih menu cumi balado sama paru goreng. Paru goreng ditusuk seperti sate, jadinya satu porsi ada 3 potong yang lumayan besar. Ditambah teri kacang. Nasi dipakein kuah rendang. Porsi nasi cukup, aku sempat ngebayangin dapet porsi nasi yang buanyakkk, mengingat lagi makan di warteg. Ternyata, porsinya pas, satu mangkok ukuran kecil. Nasinya sendiri enak, cukup pulen dan warnanya putih. Bukan nasi yang warnanya agak ‘butek’ dan ‘keras’. Rasanya juga boleh lah…. Cuma kadang, parunya rada a lot, teri kacangnya asin banget dan pedas.

Aku masih ‘bercita-cita’ pengen coba lauk lain kalo ada kesempatan ke sini lagi.

05.07.16

0 Comments:

Post a Comment

<< Home