ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Saturday, July 02, 2005

Mati Lampu (1)

Dua kali mama & papa mau ngadain acara pernikahan anaknya di rumah – pernikahan ayuk erly & myra – dua kali juga mengalami mati lampu di hari-hari terakhir menjelang Hari H.

Kejadian pertama, waktu mau nikahan ayuk erly, November 1999. 2 atau 3 hari sebelum Hari H, listrik di rumah mati sampai 1 – 1 ½ hari. Listrik di rumah emang lagi di loss-in, biar gak putus-putus pas acara, ehhh… gardu di deket rumah malah ‘bledug’ dan butuh waktu yang lama buat benerinnya.

Di rumah waktu itu, lagi sibuk-sibuknya nyiapin kamar pengantin. Sodara-sodara dari Palembang udah pada dateng, terus ada juga sodara-sodara yang di Jakarta, pada dateng ke rumah, buat liat persiapan atau bantu-bantu dikit.

Seperti biasa, mama sempet panik, takutnya pas acara yang beneran, gardunya belom bener. Selama seharian kita gak mandi, hemat air… wuih.. panas.. mana sibuk mondar-mandir beres-beres.

Akhirnya, sore-sore, serombongan penghuni rumah pergi ke Hotel Bumi Wiyata. Kebetulan, waktu itu Uncle Ir & Tante Ir masih tinggal di sana. Aku inget banget, selain penghuni inti rumah (mama, papa, ayuk, aku, mira, maya dan nek enab), ada nek ima, een, mungkin ada nek muna & nek umbung (alm.) juga, deh… aku lupa.

Pas sampe rumah, lampu masih mati. Kata yang jaga rumah, lampu udah nyala sebentar, udah sempet nampung air di ember dan gentong.

Kejadian kedua, waktu mau acara nikahan myra, Agustus 2004. Pas acara pengajian, listrik mati. Untungnya acara itu siang-siang, tapi kebayang dong, panasnya. Mana waktu itu, aku abis pergi beli bunga sama ayuk. Pengen banget pas sampe rumah, mandi dulu biar segar.

Ya, udah.. katanya air hanya boleh buat cuci muka, sikat gigi & pipis. Itu pun harus sehemat-hematnya.

Jadilah acara pengajian dilakukan dalam keadaan mati lampu. Untung pas maghrib, lampunya nyala lagi. Jadinya semua bisa bernapas lega, gak harus panik karena gak bisa mandi dan kehabisan air.

05.06.22

0 Comments:

Post a Comment

<< Home