ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Saturday, July 23, 2005

Kenangan Tinggal di Gang Bhakti V: Sehari-hari di Rumah


Tadi bagus ngirimin foto ini, foto rumahku waktu di Tebet, tepatnya di Jl. Tebet Timur II C No. 19, dikenal juga dengan nama jalan Gang Bhakti V, gak tau sih gimana sejarah nama Gang Bhakti ini.

Sepintas kalo diliat, bentuk rumah gak banyak berubah, hanya pagarnya yang diganti dan ditinggiin, lalu ditambah kanopi.

Hmm… jadi kangen sama rumah itu. Seingetku, aku udah tinggal di rumah itu dari kecil. Meskipun mama bilang, kita sempet tinggal di daerah Tanah Kusir, cuma rasanya koq aku gak inget ya…

Bentuk dasar rumah Tebet ini sebenernya gak seperti di foto. Udah banyak modifikasi. Kamar ayuk di atas, itu tambahan. Dulunya, cuma ruang kosong di bawah atap. Tempat jemuran juga tambahan.

Yang tinggal di rumah lumayan rame. Dulu, Tante Evie, Om Glenn dan Om John sempet tinggal bareng kita sebelum mereka nikah. Nenek sama Yai juga kadang-kadang nginep di rumah. Atau kalo Nek Anang dan Nek Ino dateng dari Palembang, pasti nginep di rumah. Nek Anang suka banget main kartu, jadinya cucunya sering ngeliatin dia main kartu. Kalo Yai, dulu sempet kerja di perusahaan Jepang, kalo siang-siang suka telp dan selalu bilang, “Moshi-moshi…”

Terus, satu per satu ‘pergi’. Nenek & Yai pindah ke Pondok Pucung. Tante Evie & Om John nikah. Kalo Om Glenn, akhirnya pindah karena pengen nge-kost.

Sepupu-sepupuku, kaya’ Kiki & Echa, sering nginep di rumah. Om Nurdin & Tante Sarlin waktu baru pindah dari Palu, juga sempet tinggal di rumah sama anak-anaknya.

Terus… kalo sore, selain main-main, ada ‘kegiatan’ minum air jeruk. Mira, termasuk yang rada susah minum air jeruk ini, jadi sering bikin mama kesel. Dia sering dapet ‘hukuman’ dikunci di ‘rumah pompa’. Jadi… di samping ruang tv (yang belakangan jadi kamarku), ada kaya’ gank kecil, tempat naro pompa, ada pintu yang menuju ke sana, nah disanalah letak ‘rumah pompa’.

Kegiatan lain, waktu kita udah mulai sekolah semua, dua kali seminggu, dipanggilin guru ngaji ke rumah. Duh.. yang namanya bangun sore buat ngaji, tuh, rasanya malesssss banget… lagi enak-enak tidur, tau-tau dibangunin. Belum lagi kalo inget, wahhh.. pas jam ngaji ada acara yang bagus.. bikin semakin males. Akibatnya, sering gurunya udah dateng, tapi kita blom pada siap. Maya yang paling sering ‘telat’, abis dia suka nangis kalo dibangunin, sampai kadang guru ngajiku jadi kesel.

Film favorit kita kalo sore itu, ada Oshin, hmm… apa lagi ya… lupa.

Selain les ngaji, aku sempet les organ, sekitar 2 tahun kali ya… lupa… Lesnya di Midori – Persojo. Seminggu sekali, les di sana. Kadang seneng, kadang sebel. Waktu pertama les, aku sebel banget sama gurunya. Karena aku gugup, pas pertama kali disuruh main, aku gak bisa… terus jadi dimarahin…

Terus, sempet les bahasa Inggris di Cambridge, di deket pasar pspt. Gurunya baik-baik. Satu kejadian ‘memalukan’. Aku pernah salah masuk kelas. Waktu itu aku dateng kecepetan, terus ada anak-anak lain yang aku pikir pindahan dari kelas lain, tapi gurunya sama. Pas ada yang bilang, “masuk yuk…”, aku dengan cuek-nya ikut masuk juga, aku pikir mereka bakal sekelas. Tau-tau, guru yang masuk, lho koq beda… guru yang baru ini mikir aku pindah kelas. Aku mau keluar lagi juga malu, dong… jadilah aku ngikutin pelajaran tapi gak tenang. Mana di kelas sebelah, aku denger temen-temenku yang ‘seharusnya’ juga udah masuk. Dan pas keluar, aku harus ngelewatin ruangan tempat kelasku yang sebenarnya, dan guruku bilang, “Ferina… bye.. bye…” Aku cuma bisa tersenyum pasrah.

Karena sekolah deket, kita sering pulang pergi ke sekolah naik becak. Dan karena udah langganan, tukang becaknya udah tau tujuannya ke mana.

Kalo malem, tidur harus jam 9. Sebelum tidur, minum susu dulu. Dari dulu, aku gak suka susu putih, jadi harus susu cokelat. Pernah, sekali dikasih susu murni… huekkk… aku susah banget minum susunya… gak suka….

Aku udah pernah cerita kalo, dulu kita tidur satu kamar berenam. Nah, setelah kita semua mulai gede, rumah direnovasi sedikit. Ditambah kamar di atas, jadi kamar ayuk.. Kita sering ngumpul di sana…

Aku sendiri dapet kamar yang tadinya ruang tv. Seneng banget dapet kamar sendiri… bisa tidur malem, gak ada yang tau.. kadang, suka telpon di tengah malam… mau nangis… mau nulis diary… gak ada yang ganggu…

05.07.19

0 Comments:

Post a Comment

<< Home