ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Saturday, June 11, 2005

Di Perempatan Lampu Merah Bulungan

Semalem pulang dari kantor, aku & maya ke tempat ayuk dulu di Hang Tuah. Baru kita pulang bareng.

Di perempatan lampu merah deket kejaksaan agung, deket SMU 70, aku liat banyak banget anak kecil yang jadi pengamen. Kalo lagi lampu hijau, mereka ngumpul di deket tiang lampu merah. Dan itu bukan cuma sedikit... tapi mungkin ada kira-kira lebih dari 10 orang anak kecil... bener-bener masih kecil... mungkin paling gede masih sekitar 6-10 tahun.

Sedih... beneran gue sedih... mereka bener-bener belom pantes untuk kerja seperti itu... masih waktunya buat mereka melihat dunia dengan kacamata anak-anak, masih waktunya main-main sama orang tua, sama teman-teman sebayanya. Bahkan di jalanan pun, kalo pas lampu merah, pas mereka datengin mobil-mobil - yang mungkin lebih banyak gak ngasih uang ke mereka (kadang termasuk mobil gue sendiri) - mereka lari-larian di tengah jalan... Ngeri banget kalo tiba-tiba ada mobil ngebut atau keserempet motor.

Kadang gue pengen kasih uang ke mereka, tapi gue tau, uang itu gak akan masuk ke kantong mereka, pasti sebagian besar akan masuk ke orang-orang yang 'mempekerjakan' mereka.

Gue mikir, ke mana sih orang tua mereka? Koq tega 'mengeksplotasi' anak-anak mereka buat cari duit. Tanggung jawab orang tua buat cari uang untuk anak-anaknya, no matter how poor they are. Itu menurutku. Kadang gue juga liat, di bawah jembatan cawang, ada anak yang disuruh ngamen, sementara orang tuanya asyik-asyik ngerokok di bawah jembatan. So sad, huh...

Gue mungkin baru bisa nulis aja apa yang gue rasakan, apa yang gue liat, blom bisa berbuat banyak.

05.06.08

0 Comments:

Post a Comment

<< Home