ceritaceritaku

my stories... my dreams... my imaginations....

Daisypath Ticker

Saturday, May 28, 2005

Bubur Ayam

Salah satu sarapan favoritku - Bubur ayam.
Selasa kemarin sarapan bubur ayam kota wisata. Seporsi harganya 7000 rupiah,ini yang spesial pake telor. Buburnya sendiri gak terlalu banyak, tapi cukupmengenyangkan. Isinya, ayam dipotong-potong kasar - jadinya rada besardibanding kalo disuwir-suwir, terus ada potongan tong-cai (apa kucai, ya?),cakwe dan cheese stick. Telornya 'ditimbun' di bawah bubur, jadinya setengahmateng karena panas bubur. Rasanya enak... buburnya sendiri udah ada rasa kaldu, jadi kalo gak ditambahkecap asin dan merica juga udah ada rasa.
Nah, kalo hari minggunya, aku makan bubur ayam di tebet, tepatnya depanrumah makan padang 'susi', deket gelael. Buburnya biasa aja, isnya standard,rasanya lumayan. Harganya 3500 perak ditambah sate ati-ampela jadi 5000. Yang makan di sini lumayan banyak, malah ada yang bawa rantang segala.Bubur ayam favoritku yang lain bubur ayam GKBI. Aku sendiri sih gak tautempatnya yang pasti, soalnya kalo mau pesen, mang dedi yang beliin. Isinyabanyak, yang pasti ayam disuwir-suwir, cakwe, kerupuk merah, and emping.Rasanya pas, asinnya... yang aku suka, kecap manisnya juga pas, jadi gakterlalu manis. Buburnya sendiri juga udah berasa. Harganya juga murah, 3500rupiah saja, kenyang dan enak.
Satu bubur yang jadi favorit ada di Cipanas, di rumah makan priangan. Kalomau ke bandung, pasti mampir ke sini dulu. Karena udah langganan, tukangbuburnya udah tau kita maunya gimana. Kalo biasanya ayamnya cuma direbus, disini kita minta ayamnya digoreng, terus cakwenya gede-gede. Buburnya sendiribanyak. Ditambah telor yang setengah mateng. Enak banget.. harganya sekitar7000an. Bubur ini 'nendang' kenyangnya, pas buat sampe bandung.
Bubur ayam yang gak aku suka, waktu dibeliin mang dedi.. katanya sih bubur ayam pasar benhil. Emang racikannya 'meriah'. Jadi kalo dibuka Styrofoam-nya, buburnya gak keliatan karena isinya yang banyak. Isinya itu,ya ayam suwir, ada kacang, cakwe, telor (kalo gak salah) sama abon, emping dan kerupuk. Cuma.. yang gak aku suka, rasanya tuh suka gak rata, jadi kalo buburnya gak kena kecap, ya.. gak ada rasa sama sekali.Satu lagi juga bubur benhil, isinya dikit... dan rasanya aneh.. kaya' ada rasa santennya gitu... jadinya... gak suka...
Ya itulah sekilas tentang bubur ayam....05.05.24

0 Comments:

Post a Comment

<< Home